Risalah MESI

Paus Urban II dan Perang Salib

Paus Urbanus II – Wikipedia 

Baru-baru ini, pemimpin tertinggi dalam Gereja Katolik, mengundurkan diri dari kursi kepimpinannya. Ya, Paus Benediktus XVI. His Holiness mengundurkan diri karena sakit. Dengan pertimbangan kondisi tubuhnya yang, His Holiness pertimbangkan, sebagai penghambat dalam melaksanakan pengabdiannya demi Gereja. Paus Benediktus XVI menggantikan Paus Yohanes Paulus II yang meninggal di 2005. Pengaruh Paus, ke berbagai belahan dunia dapat dirasakan dengan adanya populasi Katolik Roma di tempat itu. Penganut Katolik Roma tentunya akan mengikuti “gerak” dalam devosi terhadap konsepsi Tuhan dan agama Katolik dalam ajarannya. Tidak terkecuali di Timur-Tengah, yang juga memiliki jemaat Kristen dalam berbagai aliran dan ordo.

Bicara mengenai Paus, membuat saya teringat mengenai Paus lainnya yang pernah ada dalam sejarah. Dengan pengaruhnya, mampu memberikan dampak yang begitu besar ke dalam sejarah, tidak hanya Timur-Tengah namun sejarah dunia. Dengan satu pidatonya, dia menggerakkan kekuatan untuk melakukan sebuah perang. Perang besar, perang yang begitu lama, yang menjadi noktah dalam sejarah kita. Perang Salib.

Siapa dia? Siapa Paus itu? Orang ini adalah orang dari zaman pertengahan Eropa. Paus dalam era abad pertengahan Eropa, adalah Paus Urbanus II. Paus Urbanus adalah pengganti dari Paus Gregorius VII. Pada 1088, Otho de Laghery naik ke tahta suci sebagai Paus. Dia mengambil nama Urbanus sebagai nama ke-Paus-annya. Dia adalah orang kedua yang memakai nama Urbanus, sehingga dia mendapat Urbanus Kedua.

Paus Urbanus II dalam Council of Clermont – Ultimateitaly

Bagaimana cerita dibalik keputusan itu? Saat itu, pada 1095, utusan Raja Alexis I dari Bizantium diterima oleh Paus Urbanus II dalam Council of Piacenza pada awal Maret 1095. Apa yang dibawa utusan itu? Utusan itu mengatakan bahwa daerah Asia Kecil (dalam teks Berbahasa Inggris, disebut Asia Minor), beberapa sumber menyebutkan bahwa yang direbut Seljuk adalah Anatolia, telah diambil alih oleh orang Seljuk. Berdasarkan proses pengambilan keputusan, Paus Urbanus II memberikan sebuah pidato di depan Uskup-Uskup Agung Italia, Burgundi, dan Perancis, dalam Council of Clermont, bahwa orang-orang Katolik Ortodoks dalam Kerajaan Bizantium membutuhkan bantuan dalam menghadapi intrusi dari orang-orang Seljuk. Paus meminta para aristokrat Eropa untuk mengesampingkan perselisihan di antara mereka dan berfokus pada upaya mengambil lagi apa yang telah diambil olah orang Seljuk.

Although, O sons of God, you have promised more firmly than ever to keep the peace among yourselves and to         preserve the rights of the church, there remains still an important work for you to do. Freshly quickened by the      divine correction, you must apply the strength of your righteousness to another matter which concerns you as      well as God. For your brethren who live in the east are in urgent need of your help, and you must hasten to give                them the aid which has often been promised them. For, as the most of you have heard, the Turks and Arabs have                 attacked them and have conquered the territory of Romania [the Greek empire] as far west as the shore of the           Mediterranean and the Hellespont, which is called the Arm of St. George.”[1]

Dan seperti pada janji-janji lainnya, yang telah menjadi template dari semua ajakan perang suci lainnya,”All who die by the way, whether by land or by sea, or in battle against the pagans, shall have immediate remission of sins.[2] Dengan pidato dalam Council of Clermont itu, akhirnya berbagai ksatria dari Eropa membanjiri Timur-Tengah dan akhirnya mengambil alih Yerusalem hingga pada akhirnya diambil lagi oleh Saladin. (KB)


[2] http://www.fordham.edu/halsall/source/urban2-fulcher.html – Dalam teks memang disebutkan Pagans, namun yang saat itu diperangi adalah orang Muslim.

 

Penulis:
Antonius Kishino Bawono (@HeyKishino)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s