#MESIUpdate

Kubu Islamis menangkan Referendum Mesir

Kubu oposisi kini fokus untuk menghadapi pemilu parlemen awal tahun depan

Setelah melalui tahap kedua referendum, kubu Ikhwanul Muslimin (IM) mengklaim rakyat Mesir menghendaki konstitusi yang baru. Pada referendum tahap kedua yang dilaksanakan tanggal 22 Desember kemarin, sebanyak 71% pemilih memberikan suara “ya” untuk rancangan konstitusi baru. Dengan demikian dari kedua tahap referendum terkumpul dukungan terhadap rancangan konstitusi baru sebanyak 63,6% suara dan hanya 36,4% yang menolak. Pihak sipil/liberal yang bersatu dalam Front Penyelamat Nasional juga mengakui bahwa mayoritas rakyat mendukung konstitusi baru. Kubu oposisi kini fokus untuk menghadapi pemilu parlemen baru sesuai peta jalan yang telah disepakati beberapa waktu lalu. Pemilu parlemen tersebut akan dilaksanakan awal tahun depan.

Rancangan konstitusi ini muncul dari kinerja 100 anggota badan konstituante yang didasarkan pada hasil pemilihan parlemen, di mana kubu Islamis berhasil mendominasi dengan 70% suara berbanding 30% untuk kubu sipil/liberal. Dewan konstituante dibentuk setelah parlemen dianggap gagal merepresentasikan harapan revolusi.

Sementara itu Wakil Presiden Mesir Mahmud Mekki mengundurkan diri dari jabatannya menyusul akan disetujuinya konstitusi baru. Wapres berpendapat dia harus mematuhi konstitusi baru yang meniadakan jabatan wakil presiden. Mekki sebenarnya telah mengundurkan diri pada November lalu. Namun Presiden Mursi memintanya bertahan untuk membantunya menghadapi krisis politik yang berlangsung waktu itu.

(Sumber Kompas, 24 Desember 2012)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s